Laptop Untuk Programer 2018

Sabtu, 13 Januari 2018




Pemrograman itu sangat menyenangkan, namun Anda juga memerlukan sebuah laptop yang dirancang untuk pekerjaan tersebut. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi mengenai panduan memilih  laptop yang terbaik untuk pemrograman atau coding yang akan anda gunakan untuk  pengembangan web, pengembangan aplikasi android atau iOS, pengkodean python, Visual studio, C # atau platform pengembangan software  pilihan Anda.

 

Terkadang saat kita sedang uji coba kode laptop menjadi lamban, tentu saja ini snagat menjengkelkan dan membuang banyak waktu. Jika Anda berimpian menjadi seorang programer yang sukses, laptop Anda adalah kunci kesuksesan dan alat vital untuk mewujudkan karir impian Anda.

 

Fitur-fitur yang harus Anda periksa sebelum membeli laptop untuk pemrograman:

 

Kondisi Fisik Laptop

Nah, apapun spesifikasi laptop yang Anda miliki, jika bodi-nya tidak kuat maka semuanya bisa berantakan. Jangan sampai salah pilih karena hanya melihat tampilan dari luar, kualitas engsel dan kualitas keyboard merupakan fitur penting yang harus periksa. Portabilitas diperlukan untuk beberapa programmer namun tetap harus kokoh. Singkatnya, dapatkan laptop yang tidak ramping, simple namun terbangun dengan baik untuk penggunaan yang kasar.

 

Pemanasan / Heating

Laptop harus tahan panas untuk penggunaan jangka waktu yang lama. Laptop terbaik memiliki sistem pendingin yang efektif yang terpasang pada chip CPU dan GPU pada motherboard. Ada beberapa model laptop yang memiliki ventilasi udara panas di sisi bawah (dasar), Anda harus menghindari membeli laptop semacam itu dan mencari laptop dengan ventilasi pemanas di sisi samping laptop. Pembuangan udara  panas dengan cara yang benar adalah kunci untuk laptop coding yang keren dan tahan lama.

 

CPU

CPU adalah salah satu fitur yang harus Anda perhatikan saat membeli laptop untuk siswa pemrograman. Cari laptop minimal dengan prosesor Intel i5. Ini adalah antara antara i3 dan prosesor i7 terbaru. Spesifikasi ini saya pikir  akan mencukupi semua kebutuhan pemrograman. Ingat, prosesor bertanggung jawab untuk multi tasking. Semakin tinggi spesifikasi prosesor, semakin banyak aplikasi yang bisa Anda jalankan bersamaan.

 

Memori (RAM)

RAM menentukan seberapa cepat aplikasi dapat terbuka dan berjalan. Usahakan anda menggunakan ram paling kecil 8G. Karena aplikasi pengkodean semakin banyak berkembang dan memerlukan kekuatan RAM yang baik. Sebagai contoh Android Studio, kebanyakan orang mengeluh karena sangat berat untuk digunakan,  namun jika anda menggunakan RAM 8 GB, saya bisa bilang “yaaa… lumayan lah..   ”, namun kita masih memerlukan sedikit kesabaran. Jika keuangan anda stabil mungin anda bisa menggunakan RAM  12BG atau 16GB.

 

Penyimpanan (Hardisk)

SSD (solid-state-drive) jauh lebih cepat daripada hard drive SATA. Jadi, saya akan merekomendasikan SSD. Jika Anda benar-benar membutuhkan kapasitas penyimpanan ekstra untuk permainan atau film, Anda bisa memilih opsi penyimpanan hibrida (SSD + HDD). Tapi, jika Anda ingin menggunakan laptop hanya untuk pemrograman dasar dan tugas pengkodean, drive SATA tunggal sudah lebih dari cukup.

 

Grafis

Grafik atau GPU menentukan resolusi layar pada layar. Anda memiliki pilihan baik chip tampilan terpadu onboard atau chip grafis khusus dengan memori. Lihatlah grafis terintegrasi terbaru yang disediakan oleh Intel lumayan dan bisa menangani semua kebutuhan grafis dari programmer komputer atau pengembang.

Periksalah  resolusi minimal 1366x 768 piksel. Satu lagi tips penting, selalu beli layar tampilan IPS dan bukan TNT. Tampilan IPS sejuk mata sedangkan teknologi TNT murah dan bisa merusak mata Anda dalam waktu singkat.

 

Sistem operasi

Anda memiliki pilihan untuk menggunakan Mac, Windows atau Linux tergantung pada kebutuhan software Anda. Jika Anda ingin bekerja pada pengembangan X-code atau iOS, maka laptop Apple adalah satu-satunya pilihan, dan Windows mendukung sebagian besar platform pemrograman dan software lainnya.

 

 

Berikut ini 5 Laptop Terbaik Untuk Programer

 

1. ASUS P-Series P2440UQ-XS71

 

 

Setelah membeli laptop ini, Anda sudah aman untuk empat tahun ke depan. Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan di laptop yang sempurna seperti portabilitas, desain yang kuat, fitur keamanan dan perangkat keras terbaru. Ini adalah jajaran laptop teratas yang didukung oleh prosesor Intel 7 generasi Intel i7 7500U dan RAM DDR4 12 GB.

 

Laptop ASUS P-series hadir dengan grafis khusus. Dilengkapi dengan chip grafis NVidia GeForce 940MX dengan memori video 2GB DDR3 yang cukup untuk penanganan bahasa pemrograman atau permainan yang lancar. Layarnya berukuran 14 inci dengan finishing matte yang memungkinkan Anda untuk koding berjam-jam tanpa menyakiti mata Anda. Layar laptop memiliki resolusi maksimal 1920 × 1080 piksel yang cukup baik untuk kedua pekerjaan dan kesenangan.

 

Laptop ini memiliki keyboard chiclet yang ergonomis untuk kenyamanan dan peningkatan produktivitas. Touch-pad nya mampu untuk multi-gesture input untuk kontrol yang lebih baik. Fitur lainnya yang ada disini seperti pemindai sidik jari, chip TPM untuk booting aman dan DVD Writer. Bagian terbaik dari laptop ini adalah memiliki bukaan di bagian belakang untuk kemudahan mengganti RAM dan baterai juga dapat dilepas.

 

Sangat direkomendasikan, Asus ini bukan hanya laptop ramah anggaran namun juga mampu menjalankan Python, Visual Studio, Android Studio, C # atau API berat lainnya.

 

 

2. Lenovo ThinkPad E570 Notebook

 

 

Ini adalah laptop dengan anggaran terbaik yang dikenal dengan performa dan kecepatannya. ThinkPad dari Lenovo adalah seri yang bergengsi di kalangan profesional bisnis. Lenovo E570 memiliki semua bahan di dalamnya yang menjadikannya pilihan sempurna bagi programer. Dilengkapi dengan prosesor Intel i5 dan RAM DDR4 12 GB, laptop ini bisa menangani pengembangan perangkat lunak termasuk game atau android coding.

 

ThinkPad adalah salah satu mesin yang kuat di industri laptop yang mengalami pengujian kualitas, getaran, dan tahan debu yang ketat. Anda dapat membuat kode untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa merasakan suhu panas. Laptop ini memiliki keyboard ergonomis ukuran penuh dengan kunci optimal yang memberikan nuansa terbaik saat memprogram.

 

Laptop ini dilengkapi dengan penyimpanan hibrida yang terdiri dari SSD 128GB dan hard disk SATA 1TB. Anda dapat menyimpan OS di SSD untuk booting lebih cepat dan "menginstal perangkat lunak pengkodean dan menyimpan data pribadi" dalam drive mekanis.

 

Fitur lain yang membuat adalah pilihan terbaik untuk pengkodean adalah layar moto anti-glare (anti-silau). Dan juga memiliki layar 15,6 Inch HD dengan resolusi maksimal 1366 × 768 piksel. Hadir dengan Windows 10 profesional 64-bit. Dengan kinerja serba hebat, Lenovo E570 sangat dianjurkan.

 

3. Dell Inspiron i5567-3655GRY 15.6? FHD Laptop

 

 

Jika Anda seorang Mahasiswa ilmu komputer atau TI, Dell Inspiron adalah pilihan terbaik untuk keuangan. Cukup terjangkau, laptop ini dilengkapi dengan semua fitur high-end dari model andalan. Laptop ini memiliki lapisan abu-abu dan  dibangun dengan kokoh. Anda mendapatkan layar sentuh full HD dengan max. resolusi hingga 1920 × 1080 piksel, yang sangat bagus untuk pengembangan web atau menjalankan perangkat lunak grafis.

 

Dell Inspiron didukung oleh prosesor Intel i5 dan RAM 8Gb yang dapat ditingkatkan menjadi 16GB. Penyimpanan hard disk 1TB sudah cukup untuk kebutuhan dokumen dan media anda. Fitur lain yang disukai programmer adalah keyboard backlit-nya, sehingga dapat bekerja pada ruangan gelap.

Laptop  ini beratnya hanya sekitar 5 kilogram. Anda dapat dengan mudah membawanya dalam ransel tanpa merasakan ketegangan di pundak. Laptop dengan harga terjangkau dan masuk akal ini sangat cocok untuk pengembangan aplikasi.

 

4. Acer Aspire F15

 

 

Ini laptop terbaik tahun 2017 silam, untuk segmen coding dan game. Apapun yang ingin Anda jalankan, i akan membuat Anda terkesan oleh kecepatan dan grafisnya. Model Acer Aspire F15 dilengkapi dengan GPU NVidia GTX 950M dengan RAM video 4GB. GPU built-in memenuhi semua kebutuhan grafis yang menuntut untuk bermain dan mengembangkan game.

 

Laptop seri F ini menyediakan daya yang cukup untuk pemrograman dan kebutuhan perancangan. Hal ini didukung oleh Prosesor Intel Core i5-7200U 7 Generasi dengan teknologi penguat turbo dan RAM DDR4 sebesar 12 GB. Untuk lebih meningkatkan kinerjanya, laptop ini dilengkapi dengan SSD 128Gb untuk booting cepat dan perangkat penyimpan tambahan HDD SATA 1 TB.

 

Acer Aspire F15 hadir dengan keyboard fulllit ukuran penuh dengan tombol taktil yang terpisah dengan baik untuk mengetik dengan nyaman dan cepat. Baterainya menawarkan cadangan minimum selama 12 jam. Fitur lainnya termasuk port USB 3.1 Type C, webcam HD, card reader SD dan layar FHD 15,6 ".

 

5. Apple MacBook Air New (2017)

 

 

Jika Anda ingin membuat code dengan Swift atau C objektif, Anda perlu membeli laptop Mac. Apple MQD42LL / A adalah MacBook yang diluncurkan terakhir yang harus Anda pertimbangkan secara serius untuk mengembangkan aplikasi iOS. Beratnya kurang dari 3 pound, itu adalah salah satu desain MacBook yang paling ringan dan ramping.

 

MacBook ini adalah mesin bertenaga yang dilengkapi dengan prosesor Intel i5 dan RAM 8 GB. Di bagian depan grafis, laptop ini memiliki chip grafis Intel terintegrasi (6600) dan layar anti-reflektif 13,3 inci dengan resolusi maksimum 1440 × 900.

 

MacBook terbaru ini dibanderol mid-range dan juga dilengkapi SSD 256 GB, slot kartu SD, port 2 thunderbolt dan dengan Mac OS terbaru. Perangkat kerasnya cukup untuk performa optimal saat coding dan pengembangan game.

 

Model dari apple ini dirilis pada tahun 2017 dan memiliki semua fitur dan port terbaru yang diperlukan untuk pemrograman. Beli MacBook Air eksklusif ini dengan harga anggaran.

 

Itulah 5 Laptop yang disarankan untuk programmer, namun anda juga dapat mempertimbangkan beberapa laptop berikut :

  • Apple MacBook Pro MPTR2LL/A 15-inch Laptop
  • ASUS F556UA-AS54 15.6-inch Full-HD Laptop
  • Acer Aspire E15
  • Dell XPS9360 13.3 Inches
  • Asus Zenbook

 

Demikian ulasan tentang Laptop untuk Programer. Saya berharap panduan pembelian dan ulasan singkat ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat saat memilih laptop terbaik untuk pemrograman.