8 Tren Website yang perlu dicoba tahun 2018

Kamis, 22 Februari 2018


Apakah anda siap memperbaruhi website Anda?  Awal tahun adalah saat yang tepat untuk merubah desain yang ada, dan cobalah pikirkan bagaimana jika menggabungkan beberapa tren terbaru ke dalam Proyek baru.

 

Dari fungsionalitas hingga warna dan tipografi, banyak ide-ide baru yang bermunculan sepanjang tahun lalu, dan dapat kita jelajahi satu persatu sebagai inspirasi visual untuk memulai proyek pada tahun baru ini. Berikut ini beberapa ide menarik untuk website ditahun ini.

 

 

  1. Gradien

   

Mode Gradien sudah lama hilang dari tampilan website selama beberapa tahun, namun penggunaan gradient kini mulai muncul kembali dengan penggunaan teknik bluring warna.

 

Icon iOS Apple adalah salah satu contohnya. Sekarang, gradiennya besar, berani dan banyak menggunakan warna.

 

Penggunaan yang paling populer adalah hamparan gradien dua warna pada foto. (Teknik ini bisa terlihat sangat menakjubkan!) Ini adalah pilihan yang baik untuk mengganti tampilan website Anda atau membuat foto yang kurang menarik sedikit lebih menarik. Anda juga dapat menggunakan latar belakang gradien untuk menarik perhatian saat Anda tidak memiliki visual lain untuk digunakan

 

  1. Video dengan Suara

 

Saat ini orang menjadi lebih terbiasa menonton video - dari cuplikan singkat YouTube hingga film - di perangkat mereka. Situs web juga dapat meniru penggunaan sinematik ini dengan video lengkap dengan tampilan suara di beranda. (Tidak harus diputar secara otomatis agar efektif.)

 

Kembangkan dengan hati hati. Sertakan pilihan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan suara, karena tidak semua pengguna akan nyaman dengan itu. Conten video harus sangat menarik sehingga pengguna akan tertarik untuk mendengarkan suaranya. (Ini adalah tren yang sulit dilakukan namun dapat bekerja dengan indah jika Anda memiliki kombinasi video dan konten yang tepat.)

 

  1. Virtual Reality

  

Virtual Reality kemungkinan akan menjadi elemen desain yang paling banyak dibicarakan tahun ini. Dengan lebih banyak perangkat di pasaran dan dengan harga terjangkau - VR akan semakin berkembang. Gamer mungkin akan mendapatkan pengalaman maksimal dari VR pada awalnya, dan dapat menjangkau aplikasi lainnya.

 

Anda harus siap merancangnya. Terlebih lagi, Anda harus siap untuk menciptakan pengalaman virtual reality yang tidak memerlukan headset. Termasuk juga desain situs web dengan video 360 derajat dan pengalaman interaktif lainnya dengan efek tiga dimensi (Parallax).

 

Apa pun yang menjadi perkembangan ke tingkat berikutnya akan membuat VR menjadi tren yang sempurna.

 

 

  1. Lebih banyak Parallax

  

 

Efek scrolling parallax merupakan tren besar pada tahun 2016 dan perancangnya hanya berkompeten dengan gerakan berbasis mouse ini. Tren itu terus berlanjut dengan efek parallax yang lebih mengesankan - dan lebih bagus.

 

Carilah efek paralaks yang bergerak naik, bukan ke bawah, dan gerakan yang menangkap desain yang lebih berlapis. Kunci untuk hampir setiap tren web desain di tahun 2017 adalah dengan sentuhan realitas dan paralaks selalu hadir. Semakin nyata pergerakan terlihat di layar, semakin banyak pengguna yang menyukainya.

 

Ikuti : Tutorial Parallax – idrcorner

 

 

  1. Homepage Super Sederhana

Kebanyakan desain website mulai menghilangkan jenis gaya Homepage yang komplit yang telah populer untuk sementara waktu. Perancang lainnya memilih desain yang hanya menampilkan satu atau dua kata pada layar pertama desain.

 

Halaman-halaman seperti  ini sering dikemas dengan banyak informasi setelah dilakukan mouse scroll. Ini adalah contoh yang bagus bagaimana kita mengikuti kebiasaan pengguna saat menjelajahi web secara keseluruhan. Karena disaat pengguna mengakses webite menggunakan seluler tentunya kegiatan scrolling akan semakin banyak. Triknya, pastikan untuk memberi pengguna efek desain sederhana disaat scroll agar pengguna lebih tertarik dan terus melakukan scroll untuk melihat content-content yang lain.

 

  1. Pola Navigasi Baru

  

Navigasi tidak harus terpaku pada bagian atas desain. Dari gaya tersembunyi atau pop-out ke navigasi di bagian samping atau bawah halaman menjadi  trendi untuk memindahkan menu. (Selama penempatannya masih cukup jelas.)

 

Saat ingin merubah pola pada gaya navigasi, pikirkan juga pola pengguna. Apakah navigasi itu mudah ditemukan  atau malah akan membuat pengguna menjadi binggung untuk menemukannya.

 

 

  1. Menggunakan Palet Warna Netral

  

 

Untuk  dua tahun terakhir ini, penggunaan banyak  berwarna beralih ke rangkaian warna netral yang lebih alami.

 

Pelajarilah tentang warna lebih baik lagi, cari koloborasi warna-warna yang natural untuk website anda.

 

  1. Perubahan Tipografi

  

Huruf yang besar dan tegas selalu lebih baik. Inilah salah satu tren yang sepertinya semakin membaik dan terus membaik. Berkat bertambahnya jumlah web font dan kompatibilitasnya, lebih banyak perancang yang mencoba mengkolaborasi font-font tersebut menjadi paduan yang sempurna.

 

Ini adalah kunci sukses bagi perancangan dan menyenangkan pengguna yang cenderung bosan dengan beberapa jenis sans serif yang tampaknya mendominasi proyek desain. Dari gaya tipe vintage sampai retro terlihat menjadi tipografi yang khas, perancang perlu memikirkan bagaimana menambahkan ketertarikan visual.

 

Ingat saja, tulisan keren masih perlu dibaca. Jadi, apakah Anda memasangkannya dengan gambar atau sebagai karya seni yang berdiri sendiri, pastikan pengguna dapat memahami dengan tepat apa yang ingin anda sampaikan.

 

 

 Demikianlah 8 Tren Website yang perlu dicoba tahun 2018. Semakin banyak kita berkreasi dengan hal-hal baru maka semakin baik pulalah hasil karya kita. Try and Error! coolsmilewink