7 Framework membuat Aplikasi Mobile.

Publish : 15 Jan 2020

Blog

The Best Software Programming Mobile App


Share this post :

fb-icon tw-icon pt-icon wa-icon


Seiring perkembangan zaman teknologi mobile semakin berkembang pesat, organisasi dan pebisnis mulai tertarik dengan aplikasi mobile dibandingkan situs website. Karena ini adalah cara yang lebih efektif dan cerdas untuk menjangkau klien / pemirsa.

Untuk membuat aplikasi mobile kita membutuhkan framework/platform yang tepat dan Powerfull untuk mempermudah developer dalam mengembangkan Aplikasi. Berikut ini idrcorner sajikan 7 Framework Mobile Apps yang bisa menjadi pilihan teman-teman developer.

 

1. React Native

React Native adalah salah satu framework  populer yang digunakan untuk membangun aplikasi Android dan iOS. React Native memungkinkan pengembang aplikasi seluler untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi dalam siklus pengembangan yang lebih pendek. Penulisan code React Native menggunakan Javascript dan JSX sehingga programmer tidak perlu lagi  mempelajari bahasa pemrograman yang lebih kompleks untuk mengembangkan aplikasi Android atau iOS. React Native juga memiliki animasi-animasi yang halus untuk pergantian data.

 

2. Flutter

Flutter adalah kit yang dikembangkan oleh Google dengan cara pengkodean yang lebih cepat. Dibangun dengan menggunakan Bahasa Dart. Tersusun dari widget-widget yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk untuk membuat aplikasi Android dan iOS. Saat ini komunitas Flutter mulai semakin berkembang menyaingi Komunitas React Native.

 

3. Ionic

Ionic adalah platform open-source yang memungkinkan pengembangan aplikasi mobile lintas-platform.  Kelebihan yang signifikan dari Framework  Ionic adalah bahwa pengembang seluler dapat menggunakan serangkaian elemen UI default seperti form, filter, action sheetlist view, tabbar, dan menu navigasi dalam desain mereka. Sehingga dengan demikian para developer dapat lebih focus terhadap pengembangan system dibandingkan mendesain tampilan UI. Terlebih lagi, jika pengembang terbiasa dengan CSS, JavaScript, atau HTML, maka menggunakan Ionic menjadi jauh lebih mudah. Ionic mendukung Android versi 4 hingga versi terbaru.

 

4. Adobe PhoneGap

Disebut juga dengan  Apache Cordova yang memungkinkan pemrogram seluler mengembangkan aplikasi seluler yang dapat diinstal sebagai aplikasi asli di beberapa perangkat. PhoneGap adalah salah satu teknologi yang banyak digunakan karena memiliki kode tunggal yang dapat digunakan untuk membuat beberapa versi aplikasi. Keuntungan  lainnya menggunakan PhoneGap adalah mendukung fitur perangkat bawaan seperti GPS, Kamera, Contact, Storage dan lain-lain.

 

5. Xamarin

Xamarin adalah salah satu cara untuk membangun aplikasi, pengembang dapat menggunakan C# untuk Android, iOS, dan juga untuk aplikasi Windows. Ini adalah salah satu Framework yang andal yang memberikan kinerja  yang fleksibel. Didukung oleh teknologi Microsoft,  memiliki sekitar 1,4 juta komunitas. Tidak hanya membantu pengembang untuk membangun aplikasi  dengan mudah tetapi juga mengontrol aplikasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

 

6. Corona SDK

Corona SDK membantu developer  dalam  membangun aplikasi yang sangat baik untuk Android dan iOS. Memiliki banyak fitur, Corona SDK menyertakan interaktivitas dan konten grafis yang menarik  ke dalam aplikasi. Mendukung Gaming APIs yang memudahkan anda untuk me- monetize aplikasi anda.

 

7. jQuery Mobile

jQuery adalah library JavaScript siap pakai yang memiliki berbagai plugin seperti Image Slider, Content Slider, dan Pop-Up Boxes, dll. jQuery lebih mudah daripada JavaScript, karena code yang ditulis lebih singkat untuk membuat  fitur yang sama dibandingkan dengan yang lain. Dapat membuat aplikasi yang lebih sederhana, interaktif dan ramah pengguna.

Demikian 7 Framework untuk membuat Aolikasi Mobile, dan selain dari 7 list diatas masih banyak terdapat Framework lain untuk mengembangkan Aplikasi Mobile.




Share this post :

fb-icon tw-icon pt-icon wa-icon