8 TIPS DESAIN GRAFIS UNTUK MENJADI PRO!

Publish : 16 Jan 2020

Blog

Desain Grafis Multimedia


Share this post :

fb-icon tw-icon pt-icon wa-icon


Untuk menjadi Desainer Grafis yang handal, simak tips-tips dari idrcorner berikut ini.

 

  1. Pemilihan Fonts (Tipografi)


    Font mana yang terlihat cocok untuk digunakan bersamaan dan mana yang tidak?

    Tipograpfi adalah merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang dalam menciptakan kesan khusus. Pemilihan huruf sangat mutlak harus diperhatikan.

     

    Aturan praktis yang paling bagus adalah memilih font dengan kontras yang tinggi, akan membantu keseimbangan font satu sama lain dalam desain Anda.

    Dalam contoh berikut ini, font Sifonn digunakan untuk kata "Hawaii" dan font Arvo untuk teks pendukungnya:



    Kontras antara 2 jenis huruf telah ditingkatkan dengan membuat ukuran judul secara signifikan lebih besar dan menggunakan warna cerah untuk melengkapi citra latar belakang yang berupa

 

 

  1. Pemilihan Warna dalam Desain Anda


    Membuat warna yang harmoni adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat desain Anda menarik.


    Salah satu cara untuk menciptakan harmoni adalah mencocokkan warna yang Anda gunakan untuk elemen desain Anda, seperti font atau teks  dengan gambar latar belakang.

    Anda dapat menemukan warna yang tepat untuk desain dengan menggunakan aplikasi pemilihan warna, yang akan memberi Anda kode-kode hex (kode enam digit yang mengidentifikasikan suatu warna).

    Kode Hex merupakan konsep penting bagi pemula desain grafis untuk mempelajari semua palet warna untuk desain.



    Pada contoh di atas, mencocokkan warna teks dengan warna bunga pada gambar latar belakang akan membuat text menjadi menonjol.

    Kotak putih transparan juga telah ditambahkan untuk membuat tulisan mudah dibaca.

 

 

  1. Menggunakan Grids untuk Gambar Anda


    Grid adalah salah satu cara yang membantu Anda mengatur dan mengedit gambar Anda untuk menciptakan efek profesional. Grid itu seperti garis-garis lurus yang tidak terlihat.



    Pada contoh diatas, empat gambar dengan tema serupa ditempatkan pada grid untuk membuat komposisi yang eye-catching (Enak dipandang). Coba perhatikan garis cakrawala pada setiap foto juga telah disejajarkan,  dan setiap gambar diberikan filter warna yang sama agar terlihat konsisten.

    Menggunakan Grids merupakan cara yang cepat dan mudah untuk membuat layout kelas dunia   tanpa menggunakan template desain.

 

 

  1. Tambahkan Icon Transparan


    Belajar bagaimana menciptakan latar belakang adalah cara kreatif agar skill desain anda benar-benar dapat mengalir.Anda dapat menggunakan gambar-gambar untuk latar belakang atau rangkaian bentuk berwarna abstrak. Dan  ada banyak cara untuk bereksperimen.

           Pada contoh di atas, sedikit transparansi diterapkan pada ikon daun dan gambar latar belakang menjadi gelap agar teks lebih mudah dibaca.

 

 

 

  1. Ilustrasikan Informasi dengan Shape dan Icon


Banyak orang tidak menyangka melihat seberapa banyak yang bisa mereka buat dengan menggunakan shape & icon.

Membuat infografis informatif  untuk desain, adalah keterampilan penting yang membantu Anda berpikir di luar ‘kotak’ dan membuat desain yang original.

 


 

Pada contoh diatas, tiga ikon lingkaran yang mewakili persentase berbeda digunakan untuk menggambarkan hasil sebuah laporan.

Shape & icon sangat efektif digunakan saat membuat pos media sosial yang menarik dan informatif, atau jika Anda ingin membuat presentasi profil perusahaan.

 

 

 

  1. Perbaiki Masalah Warna pada Gambar Anda


    Memastikan gambar Anda terlihat terbaik adalah bagian penting dari proses desain grafis.

    Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menambah atau mengurangi kecerahan gambar yang mengacu pada intensitas warna gambar, agar gambar terlihat jelas dan terang!




    Peningkatan saturasi akan membuat warna pada gambar Anda tampak lebih menarik, sementara penurunan saturasi akan membuat gambar terlihat kusam.

    Pada contoh di atas, digunakan  peningkatan saturasi untuk mencerahkan warna alami buah.

 

 

 

  1. Potong Gambar untuk Memaksimalkan Ruang Desain


    Ruang pada desain mengacu pada area kosong dalam gambar.

    Saat mencari gambar latar belakang, carilah gambar yang memiliki cukup ruang kosong yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan teks. Atau, untuk membuat lebih banyak ruang putih, cobalah memperbesar gambar Anda sesuai kebutuhan.

 

 

 

 

  1. Gunakan Elemen desain yang Konsisten untuk Meningkatkan Branding Anda


    Konsistensi adalah salah satu hal penting yang harus anda perhatikan saat menggunakan warna, font, logo dan gambar.



    pada contoh diatas, ketiga desain itu memiliki tata letak yang konsisten, terlihat pada penempatan teks yang berulang, penggunaan tipografi dan warna. Hal ini dapat memberikan identitas visual  yang merupakan elemen penting untuk  komunikasi perusahaan Anda dengan dunia.

 

 

 

Itulah 8 Tips Desain Grafis untuk menjadi Pro, namun hal yang terpenting dari semua teori di atas adalah anda harus rajin berlatih menerapkan Tips-tips diatas agar dapat merasakan fill dari desain anda. Karna berapa kalipun anda membaca artikel ini, anda tetap tidak akan menjadi PRO tanpa berlatih.

 

Oke cukup sekian, semoga artikel ini bermanfaat.




Share this post :

fb-icon tw-icon pt-icon wa-icon